Sesi ini diisi oleh dua pembicara yaitu Rohan Fisher dari Charles Darwin University dan Ir. Zubaedah, MA dari GTZ. Keduanya dimoderatori oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, Ph.D.

Pada sesi ini, keduanya menceritakan mengenai pengalaman implementasi pengembangan sistem informasi di Indonesia bagian timur yaitu NTT dan NTB. Rohan berbagi pengalaman penggunaan sistem informasi geografis untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Menurut Rohan, pemilihan aplikasi yang digunakan tidak harus mahal namun harus disesuaikan dengan keadaan lokal, seperti dipilihnya OpenJump dan beberapa aplikasi yang gratis ataupun open source. Penting diketahui bahwa sistem informasi geografis tidak selalu mahal, namun memiliki potensi yang besar.Peta NTT yang digunakan untuk pemetaan tersebut menggunakan bpeta dari berbagai macam sumber, salah satunya bahkan digitasi dari peta hard copy.

Ir. Zubaedah memiliki pengalaman yang berbeda dan juga meliputi NTB. Penekanan yang dilakukan oleh Zubaedah lebih ke arah perencanaan berbasis fakta dan untuk kebijakan. Tindakan yang dilakukan berupa pengayaan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan dukungan teknis. Untuk pengembangan SDM, yang dilakukan berupa on the job training dan asistensi. Pada prosesnya Zubaedah juga mengalami berbagai tantangan seperti sulitnya merubah perilaku, adanya variasi komitmen dan pola kepemimpinan, adanya kepentingan politik, dan waktu pendanaan. Selain itu selama masa itu, terdapat beberapa perubahan struktur Puskesmas di daerah-daerah tersebut. Pada akhirnya pengembangan ini diharapkan menjembatani transfer informasi dalam sistem kesehatan secara satu pintu sehingga tidak banyak lagi didapati data yang redundant dan mengurangi beban pekerjaan staf yang bersangkutan.

Unduh presentasi Rohan Fisher di sini : Simple and effective decentralize health mapping for improving health service delivery in NTT

Unduh presentasi Ir. Zubaedah, MA di sini : Implementing the one gate HIS in NTB and NTT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *