OpenMRS adalah sebuah rekam medis elektronik perusahaan (enterprise electronic medical record) yang dikembangkan oleh komunitas dan memiliki kode sumber (source code) yang terbuka (open source). Dengan desain open source tersebut, maka OpenMRS dapat dikembangkan sendiri oleh pengguna meskipun tanpa kemampuan pemrograman yang mendalam, namun lebih ditekankan kepada analisis sistem dan pengetahuan medis/klinik.

OpenMRS dibuat dengan struktur basis data konseptual yang tidak tergantung dengan jenis informasi yang ingin ditampilkan atau dikelola, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai kepentingan pengelolaan informasi yang dimiliki oleh pengguna. Selain itu, OpenMRS dapat dikembangkan dengan sistem modular, yang artinya pengembangan dapat dilakukan per modul sesuai dengan kebutuhan. OpenMRS adalah program berbasis web dengan Java sehingga dapat berjalan di berbagai sistem operasi.

Short course OpenMRS yang akan dilaksanakan ini merupakan bagian dari Forum Informatika Kesehatan Indonesia (FIKI) 2010. Short course ini akan langsung diisi oleh narasumber berpengalaman yaitu Nyoman Ribeka sebagai salah satu developer OpenMRS dari Indonesia dan beberapa narasumber lain yang berpengalaman dari UGM. Course ini difokuskan kepada konsep desain, konsep pembuatan form, OpenMRS dengan penggunaan mobile dan pengenalan Distro Sistem Operasi Ubuntu dalam kaitannya dengan penggunaan OpenMRS.

Acara ini akan diadakan secara paralel dengan Workshop Basic HealthMapper for Public Health pada :

Hari, Tanggal : Kamis, 21 Oktober 2010 – Jumat, 22 Oktober 2010
Lokasi : Ruang Senat Lantai 2 Gedung KPTU Fakultas Kedokteran UGM Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :
Sekretariat FIKI 2010
Minat Utama SIMKES
Gedung IKM Lantai 3 Fakultas Kedokteran UGM
Jl. Farmako Sekip Utara
Yogyakarta
Tel/Fax : (0274) 549432
Email : simkes@ugm.ac.id
Website : http://www.fiki2010.org

Untuk leaflet, silakan unduh di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *