SIM Rumah Sakit

Sebagian besar rumah sakit di Indonesia masih mengandalkan sistem informasi manajemen rumah sakit yang berbasis pada aplikasi untuk menunjang kegiatan transaksi administratif. Penelitian dan pengembangan SIMRS merupakan salah satu prioritas di Minat Simkes. Beberapa mahasiswa Simkes telah meneliti kondisi SIMRS, ada pula yang pernah merancang model aplikasi dokumentasi asuhan keperawatan. Kami saat ini berfokus pada pengembangan aplikasi SIMRS yang  berbasis web (menggunakan platform PHP-MySQL) yang masih akan terus dikembangkan. Modul yang ada diharapkan dapat mendukung kegiatan transaksi administratif maupun klinis di rumah sakit. Saat ini, melalui dukungan dana RUSNAS Batch II, kami juga sedang mengembangkan aplikasi rekam medis elektronik portabel untuk mendukung kegiatan pembelajaran pada mahasiswa profesi di FK UGM. Secara umum, SIMRS meliputi beberapa modul yang terdiri dari:
  1. Registrasi pasien
  2. Sistem antrian
  3. Manajemen rawat jalan
  4. Manajemen unit penunjang
  5. Manajemen rawat inap
  6. Farmasi dan inventory logistik rumah sakit
  7. Billing sistem dan akuntansi
  8. Manajemen sumber daya rumah sakit
  9. Sistem pelaporan medical error
  10. Manajemen rekam medis
  11. Sistem informasi eksekutif
Update lebih lanjut dari kegiatan pengembangan aplikasi rekam medis portabel tersebut akan dipublikasikan.

Berita

  • Usulan Pengembangan Laboratorium Interoprability August 28, 2015 Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan AeHIN Interoprability Meeting 24-26 Agustus 2015 di Manila Philippine adalah pengembangan laboratorium interoprabilitas. SIMKES menjadi salah satu peserta yang diundang untuk mempresentasikan ide pengembangan lab ini bersama Pusdatin Kemenkes (Andri Triadi) dan BPJS Kesehatan (Mustafa). Beberapa perwakilan Negara berkembang lainnya hadir dalam kegiatan ini antara lain Malaysia, Thailand, ...
  • Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal TA. 2015/2016 April 17, 2015
    1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut). Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
    2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
      1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
      2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
      3. ≥ 3,00 dalam ...