Big Data For Health 2015 – Seminar Big Data Analytics untuk Kesehatan Annual Scientific Meeting 2015 – Pokja Informatika Biomedis

Written by annisa on . Posted in BERITA, Seminar

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM ke-69 dan HUT RSUP dr.Sardjito ke-33, panitia Annual Scientific Meeting 2015 (ASM 2015) Kelompok Kerja Informatika Biomedis akan menyelenggarakan SEMINAR DAN TALK SHOW dengan topik PENDEKATAN ANALISA DATA BESAR (BIG DATA) DI BIDANG KESEHATAN: MANFAAT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA POST MDG’s. Seminar ini bertujuan untuk mempromosikan dan membangun kesadaran terhadap peluang pendekatan big data analytics (BDA) di bidang kesehatan untuk mendukung pelayanan kesehatan, monitoring program, evaluasi kegiatan, pengambilan keputusan dan penelitian. Apalagi di era post MDG’s masih diperlukan upaya strategis untuk mendukung pencapaian target pasca 2015 sehingga pendekatan BDA berpeluang besar untuk menghasilkan pemahaman yang mendalam, rekomendasi serta pengetahuan untuk memperbaiki mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan outcome pelayanan, memberikan umpan balik untuk peningkatan kinerja, maupun sampai dengan usulan kebijakan untuk menghindari pemborosan biaya karena pelayanan kesehatan yang tidak efektif.

Seminar akan diselenggarakan pada pada Rabu, 11 Maret 2015 (Pukul 08.00-16.00 WIB) bertempat di Gedung Auditorium lt.1 Fakultas Kedokteran UGM. Peserta yang mengikuti seminar ini akan mendapatkan fasilitas berupa seminar kit, lunch, coffee break, dan Sertifikat terakreditasi IDI 12 SKP. Berikut ini adalah agenda kegiatan seminar dan talkshow :

Seminar Peran Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Mutu, Efektivitas Pelayanan dan Keselamatan Pasien Pada Layanan Primer

Written by Administrator on . Posted in BERITA

Dalam rangka Annual Scientific Meeting (ASM) Fakultas Kedokteran UGM dan RSUP Dr. Sardjito tahun 2014, Pokja Informatika Biomedis menyelenggarakan seminar sehari mengenai Peran Teknologi Informasi dalam Layanan Primer. Seminar ini diselenggarakan untuk membangun kesadaran terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai subsistem penting untuk mendukung  mutu, efektivitas  pelayanan kesehatan serta keselamatan pasien di tingkat pelayanan primer. Selain itu seminar ini juga mengkaji aspek kebijakan, empiris serta rekomendasi yang berkaitan dengan upaya untuk memperbaiki layanan kesehatan primer dengan dukungan sistem teknologi informasi yang tepat.

Seminar diawali dengan sambutan oleh dr. Lutfan Lazuardi, Ph.D selaku Ketua Pokja Informatika Biomedis dan selanjutnya dibuka oleh Dekanat Fakultas Kedokteran UGM yang diwakili oleh Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat & Kerjasama Fakultas Kedokteran UGM.

Sebelas Hari Mengikuti DHIS 2 Academy Asia 2014 – Vietnam

Written by Administrator on . Posted in BERITA, Pelatihan

Menindaklanjuti kerjasama antar Fakultas Kedokteran UGM dengan University of Oslo, SIMKES S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UGM dan Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta diundang untuk mengikuti DHIS 2 Academy Asia 2014. Sebelumnya kerjasama telah diawali dengan melakukan pelatihan dan kustomisasi aplikasi DHIS 2 pada tanggal 8-22 April 2013, yang melibatkan 6 Dinas Kesehatan baik Provinsi/ Kabupaten/ Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Dinkes Provinsi DI Yogyakarta, Dinkes kota Yogyakarta, Dinkes Kab Bantul, Dinkes Kab Kulon Progo, Dinkes Kab Gunungkidul dan Dinkes kab Sleman. DHIS (District Health Information System) 2 merupakan aplikasi Bank Data berbasis web yang dapat digunakan untuk  melakukan pengumpulan, analisis dan presentasi indikator kesehatan suatu daerah.

Berita