PROFIL SIMKES

Selain sebagai sebuah institusi pendidikan dan pelatihan, SIMKES telah berupaya untuk menjadi salah satu pusat penelitian bidang informatika kesehatan di Indonesia. Kerjasama dengan berbagai pihak mengarah pada inovasi teknologi informasi dan komunikasi kesehatan yang efektif, efesien dan bermutu tinggi. sejak tahun 2005, SIMKES telah bekerjasama dengan berbagai institusi kesehatan pemerintah maupun swasta (puskesmas,rumah sakit, dinas kesehatan, dan kementrian kesehatan) dalam pengembangan sistem informasi kesehatan. SIMKES telah melakukan pendampingan rutin terhadap implementasi sistem informasi dibeberapa institusi tersebut. Di level nasional, SIMKES ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang melibatkan institusi pendidikan lain, organisasi profesi (PIKIN) dan juga industri. Secara internal, SIMKES telah melakukan kerjasama dengan Fakultas lain dengan peminatan yang sama. Bahkan, tahun 2011 SIMKES telah menandatangani kerjasama dengan Graduate Institute of Biomedical Informatics Taipei Medical University dalam pengembangan pendidikan (Rencana Program dual degree), pelatihan dan penelitian. Beberapa kegiatan SIMKES antara lain :
  • Penelitian clinical decision support system, electronic referral system, image pattern recognition, HIV registry, model open source sistem informasi kesehatan dan evaluasi sistem informasi.
  • Penyusunan standarisasi sistem informasi rumah sakit, petunjuk teknis pemanfaatan teknologi informasi disektor kesehatan, pengembangan direktori donor darah dan e-learning pendidikan kesehatan
  • Forum Informatika Kesehatan Indonesia (FIKI) tahun 2010, 2011, 2013, seminar dan workshop baik tingkat regional, nasional dan internasional.
  • Program Pelatihan Tenaga Sistem Informasi & Informatika Kesehatan kerjasama GIZ (Germany International Cooperation) dan PUSDATIN (Pusat Data dan Informasi) Kementrian Kesehatan
  • Kustomisasi aplikasi DHIS2 (District Health Information Systems) dalam konteks sistem informasi kesehatan di Propinsi DI Yogyakarta bekerjasama dengan Oslo University dan Dinas Kesehatan setempat.

Berita