The Health Data Collaborative dan partner organisasinya, menanggapi Measurement and Accountability for Health (MA4H) Summit Call to Action, sedang mengembangkan pendekatan terstandarisasi untuk meningkatkan penggunaan data kesehatan untuk perencanaan dalam negara-negara berkembang.

Alat baru dari MEASURE Evaluation ( yang didanai oleh M&E Technical Assistance Project USAID) sedang berkontribusi kepada pendekatan-pendekatan terstandarisasi ini.

Routine Health Information System Rapid Assessment Tool (RHIS RAT) bertujuan untuk mengidentifikasi gap-gap di RHIS local pada upaya perencanaan stratejik sehingga kelemahan-kelemahan tersebut dapat diidentifikasi dan ditujukan pada rencana stratejik.

Data Quality Review (DQR) adalah sebuah pendekatan untuk menilai kualitas data dalam RHIS atau sistem-sistem program data kesehatan dimana dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan para pemegang keputusan serta mengurangi biaya dan beban dari petugas kesehatan.

Performance of Routine Information System Management Tool (PRISM) mengevaluasi performa dari RHIS dalam lingkup kualitas dan penggunaan data, lingkungan organisasi, dan pengelolaan kapasitas untuk memproduksi dan menggunakan kualitas informasi pada jangkauan dan kualitas dari intervensi-intervensi sistem kesehatan.

Saat digunakan bersamaan pada tahap-tahap yang tepat dari perencanaan sistem kesehatan, alat-alat menilaian ini dapat mengisi gap-gap dan meningkatkan kualitas dari monitoring, evaluasi, dan perencanaan sistem kesehatan.

Silahkan mengikuti webinar AeHIN berjudul Menilai dan Meningkatkan Routine Health Information System (RHIS) pada  22 Februari 2017 pukul 20:00 Waktu Manila (19:00 Waktu Indonesia Barat) bersama Dr. David Boone dan Mrs. Hiwot Belay!

David Boone, PhD adalah seorang Epidemiologist dan Senior Health Information Systems Adviser di John Snow, Inc (JSI) yang berbasis di San Francisco,California. Sejak tahun 2005, beliau telah bekerja pada proyek MEASURE Evaluation untuk memperkuat kapasitas dari negara yang mengikuti program ini untuk mengumpulkan dan menggunakan kualitas pupulasi dan data kesehatan.

Hiwot Belay, MSc telah menjadi Health Information System Advisor di John Snow, Inc (JSI) sejak April 2010. Beliau telah bekerja pada proyek MEASURE Evaluation untuk meningkatkan kapasitas dari negara yang mengikuti program tersebut, untuk mengumpulkan dan menggunakan kualitas data kesehatan routine.

Untuk mendaftar, silahkan masuk melalui link berikut: Webinar AeHIN 22 Februari 2017 pada pukul 19:00 WIB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *