Setelah sukses dengan agenda FIKI 2010 yang diselenggarakan di Yogyakarta tanggal 21-26 Oktober lalu, agenda yang mempertemuan berbagai pihak ini perlu dilanjutkan dengan mengangkat topik-topik yang relevan dengan perkembangan sistem informasi dan informatika kesehatan di Indonesia. Pemerintah, universitas, industri dan pelaku sistem informasi sudah sepatutnya bekerjasama dalam menentukan arah dan kebijakan sistem informasi dan informatika kesehatan di Indonesia.

Walaupun dianggap terlambat, namun tren pemanfaatan teknologi informasi di sektor kesehatan terus meningkat yang perlu diimbangi dengan koridor yang jelas, standar dan aturan main yang disepekatai bersama. Isu lain yang cukup menarik perhatian adalah perlunya mendefinisikan standar kompetensi tenaga sistem informasi/ informatika kesehatan di Indonesia melalui pusat-pusat pendidikan yang ada, dengan memperhatikan luasnya bidang keilmuan di domain ini.

Tidak kalah penting adalah apa yang harus dilakukan setelah ini? Suatu pertanyaan yang sederhana tetapi cukup menantang. Panitia FIKI 2010 sudah merancang beberapa tindak lanjut yang bisa dikatakan usaha kecil untuk perkembangan sistem informasi dan informatika kesehatan di Indonesia. Materi presentasi, buku prosiding dan video dokumenter dalam waktu dekat akan dapat diakses secara online. Sebuah program pendidikan sertifikasi bidang sistem informasi kesehatan kerjasama SIMKES-GTZ-Pusdasure akan diumumkan tahun depan. Jurnal online terkait domain ini pun direncanakan akan diterbitkan pada tahun 2011. Silahkan mendownload laporan akhir FIKI 2010 selengkapnya.

Pertanyaan selanjutnya, dimanakah FIKI2011 akan berlangsung?

Silahkan mendownload laporan akhir FIKI 2010.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *