Sabtu pagi pukul 06:00 WIB tanggal 23 Oktober 2010 dalam rangkaian acara FIKI 2010 yang diselenggarakan oleh SIMKES dengan support oleh Telkom Indonesia, WHO, GTZ dan juga media patner oleh Trans7, rombongan field trip yang terdiri dari 28 peserta dan 4 orang pendamping dari SIMKES UGM. Dari 28 Peserta

Rombongan Field Trip FIKI 2010

Rombongan Field Trip FIKI 2010

tersebut datang dari berbagai daerah, berbagai institusi dan juga profesi yaitu ada datang dari perwakilan GTZ, UNAIR, UKRIDA, Univ. YARSI, RSCM, RSUD SORONG, RS Panti Rapih, RS Sardjito, Dinkes NTB, SULTENG, Kutai Timur, Banda Aceh, dan juga mahasiswa S2 SIMKES itu sendiri yang notabene juga berasal dari berbagai daerah dan profesi.

Field Trip kali ini akan mengunjungi 4 Lokasi pelayanan kesehatan yang sudah menerapkan teknologi informasi dalam hal pelayanan terhadap pasien dan boleh dibilang sudah baik dan sukses. Untuk lokasi awal yang menjadi target kunjungan kali adalah salah satu puskesmas yang ada dikabupaten Purworejo yaitu Puskesmas Bayan, disini kita langsung melihat user/SDM yang ada disana melayani pasien dimulai dari proses pendaftaran hingga pasien mendapatkan resep obat sudah dilayani dengan aplikasi elektronik yang biasa kita sebut SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas), sebelumnya kedatangan kita di trima terlebih dahulu oleh pihak Dinkes Purworejo dan kepala puskesmas Bayan, disini kita dipaparkan asal mula diterapkannya teknologi informasi di dalam puskesmas Bayan, di situ dijelaskan pada awalnya mereka mengalami berbagai macam kesulitan dalam hal penerapan. Kesulitan yang paling besar adalah dalam hal SDM yang pada saat itu masih awam akan hal-hal yang berbau teknologi, dengan niat dan usaha maksimal dari mereka serta fasilitas yang diberikan oleh dinkes pada akhirnya dapat tercapai tujuan utama dari penerapan aplikasi SIMPUS.

Setelah peserta field trip melakukan wawancara langsung ke user yang ada di Puskesmas Bayan kemudian foto bersama di depan gedung puskesmas, kemudian kita langsung menuju ke Dinkes Purworejo untuk melihat langsung pemaparan dan teknis pengumpulan data-data SIMPUS dari puskesmas yang ada di Kabupaten Purworejo, setibanya di dinkes Purworejo peserta langsung disambut dan di arahkan masuk kedalam Aula untuk terlebih dahulu melihat presentasi pemaparan oleh Pak Erwin selaku Kepala Seksi Data dan Informasi di Dinkes Purworejo, di sini beliau menjelaskan mulai kapan daerah Purworejo mulai tertarik akan teknologi informasi serta menjelaskan pula berbagai macam halangan dan rintangan yang dihadapi sampai dengan hari ini yang boleh kita bilang sukses dalam hal implementasinya. Di sesi ini pula diadakan tanya jawab antar peserta dengan pak Erwin dan juga kepala puskesmas Bayan, sesi ini lebih kepada hal sharing pengalaman dan kiat-kiat sukses untuk para peserta field trip jika mereka berniat mencoba mengimplemantasikan teknologi informasi di daerahnya masing-masing.

Kemudian kita menuju lokasi ketiga yaitu RS Bethesda di Jogja, Pukul 12:30 an, kita disambut pihak Rumah

Foto Bersama direktur RS Bethesda

Foto Bersama direktur RS Bethesda

Sakit, setelah makan siang di sana kita disamabut langsung oleh Direktur RS Bethesda Bapak dr.Sugianto,Sp.S.,PhD kemudian dilanjutkan pemaparan materi tentang Implementasi teknologi informasi di RS Bethesda oleh kepala PDE bapak Yusak Wibowo dan selanjutnya ditutup dengan mendampingi peserta melihat situasiimplementasi disana dengan di bagi 2 kelompok mengingat waktu dan peserta yang dianggap terlalu banyak.

Peserta melihat Aplikasi di bagian pendaftaran

Peserta melihat Aplikasi di bagian pendaftaran

Selesai di Bethesda kita langsung menuju lokasi ke empat yaitu Gama Medical Center (GMC), disana kita sudah di tunggu oleh bapak Dr. Dicky Moch Rizal dan bapak Dudi selaku Administratif di GMC disana rombongan peserta dipersilahkan masuk keruang presentasi untuk mendengarkan pemaparan dari bapak Dudie kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai akhirnya peserta rombongan diajak melihat-lihat implementasi teknologi informasi yang sudah diterapkan baik disana, dimulai dibagian pendaftaran hingga ruang periksa dokter yang sudah komputerisasi. Pukul 16:00 WIB rangkaian acara field trip sudah selesai dilaksanakan sekarang tiba saatnya untuk pulang dimana sebelumnya di tutup oleh Bapak Anis Fuad, D.E.A selaku pimpinan rombongan, dalam sambutan penutup beliau menyampaikan permintaan maaf yang sebesar besarnya kepada peserta field trip FIKI 2010 atas segala kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan dan semoga acara ini bisa menjadikan motivator yang kuat di hati peserta untuk menjadikan tempat kerja masing-masing untuk meniru keberhasilan tempat-tempat yang telah dikunjungi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *