Workshop HealthMapper membuka FIKI 2010 pada tanggal 21 Oktober 2010. Para peserta hadir dari berbagai instansi mulai dari dinas kesehatan kabupaten maupun provinsi, rumah sakit maupun institusi akademik dan berbagai institusi penyedia pelayanan kesehatan lainnya. Tiga puluh dua peserta datang dari lebih dari 16 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dengan kemampuan dan pengalaman di bidang SIG (sistem informasi geografis) dan penggunaan software pemetaan yang beraneka ragam.

Pelatihan yang berjalan dua hari ini mengundang Ari Handoko dari WHO dan Moch. Sofyan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul sebagai narasumber, trainer sekaligus fasilitator bersama dengan fasilitator internal SIMKES FK UGM, Aprisa Chrysantina. Pada pelatihan tersebut, para peserta menggunakan data dummy profil kesehatan suatu kabupaten kemudian memproses data tersebut dari tabel berupa file Excel menjadi sebuah peta tematik untuk analisis sederhana. Workshop ini berjalan secara serius tapi santai.

Peserta dibagikan materi berupa CD yang berisi file lengkap petunjuk penggunaan HealthMapper, berbagai data, catatan dan peta. Workshop ditutup bersama dengan OpenMRS Short Course yang dilaksanakan secara paralel oleh Anis Fuad selaku ketua panitia Forum Informatika Kesehatan Indonesia 2010. Pada penutupan tersebut, Anis sempat menyampaikan ajakan untuk meneruskan kegiatan yang berguna ini dan membentuk jaringan komunitas baik OpenMRS maupun HealthMapper.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *