Visualisasi data dan informasi kesehatan secara spasial dapat memberikan pemahaman dan solusi terhadap permasalahan yang lebih komprehensif dan menggunakan pendekatan yang lebih kausatif. Permasalahan kesehatan yang dimaksud dapat terkait dengan penanganan kondisi kesehatan masyarakat seperti kebutuhan akan surveilans, perencanaan program kesehatan, penanggulangan masalah kesehatan tertentu seperti kejadian luar biasa, rendahnya cakupan pelayanan dan lain sebagainya. Dengan adanya ide ini, maka SIMKES berinisiatif memasukkan workshop HealthMapper ke dalam agenda Forum Informatika Kesehatan (FIKI) 2010.

HealthMapper adalah perangkat lunak pemetaan kesehatan yang dikembangkan oleh WHO yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini. Kelebihan yang dimiliki oleh HealthMapper adalah kesederhanaannya untuk menampilkan data kesehatan berbasis wilayah dan kemampuannya untuk mengelola data secara internal sehingga pengelola data kesehatan tidak perlu lagi dibebani dengan keharusan memasukkan (entry) data dua kali.

Workshop ini diselenggarakan untuk memperkenalkan tool visualisasi dan pengelolaan data spasial yang mudah dan gratis kepada para peneliti dan akademisi, perencana dan pelaksana program di dinas kesehatan, dan lain-lain. Meskipun demikian, untuk dapat memanfaatkan HealthMapper secara optimal, para pengguna harus memiliki pemahaman dasar mengenai SIG, data dan informasi dan kesehatan masyarakat, dan juga memahami pengelolaan data secara menyeluruh di dalam HealthMapper. Dengan mengikuti workshop ini, diharapkan para peserta dapat menyadari kebutuhan akan pemahaman dan kemampuan dasar terhadap hal-hal tersebut.

Sasaran peserta workshop ini adalah :

  1. Para peneliti dan akademisi di bidang kesehatan masyarakat (yang membutuhkan pendekatan spasial untuk analisis kesehatan)
  2. Pemegang, koordinator, perencana dan pelaksana program di dinas kesehatan baik kabupaten/kota maupun provinsi
  3. Masyarakat umum pemerhati ataupun yang tertarik dengan kesehatan masyarakat maupun sistem informasi geografis (SIG).

Workshop ini akan diadakan secara paralel dengan Workshop OpenMRS with the Developer pada :

Hari dan Tanggal : Kamis, 21 Oktober 2010 – Jumat 22 Oktober 2010
Tempat : Ruang Senat Lantai 2 Gedung KPTU Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Sekretariat FIKI 2010
Minat Utama SIMKES
Gedung IKM Lantai 3 Fakultas Kedokteran UGM
Jl. Farmako Sekip Utara
Yogyakarta
Tel/Fax : (0274) 549432
Email : simkes@ugm.ac.id
Website : http://www.fiki2010.org

Untuk leaflet, silakan unduh di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *