Dalam usahanya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pelanggan, PT. Askes (Persero) mengembangkan sistem bridging antara PT. Askes dan rumah sakit-rumah sakit mitranya. Sistem yang menghubungkan sistem informasi rumah sakit dan sistem informasi PT. Askes melalui web services ini, telah terbukti menurunkan waktu tunggu pelayanan pasien Askes di rumah sakit. Ini dikarenakan pendaftaran dan verifikasi kepesertaan secara online dan real time yang tidak memerlukan peserta Askes mengantri dari satu loket ke loket lainnya, melainkan cukup di satu loket pendaftaran. Dengan sistem yang terhubung ini, proses klaim akan lebih cepat dan efisien.

RS Hasan Sadikin Bandung merupakan salah satu rumah sakit yang telah sukses mengimplementasikan sistem bridging PT. Askes. Kesuksesan ini, tentu tidak lepas dari kebijakan PT. Askes yang sangat mengutamakan pelayanan pesertanya secara lebih profesional. Tahun ini, program serupa akan dilakukan di 7 rumah sakit besar di Indonesia, seperti RS Sanglah Bali, RS Dr. Sardjito Yogyakarta, RS Dr. Kariadi Semarang, RS Wahidin Sudirohusodo Makasar dan lainnya. Bagaimana kebijakan dan proses bridging sistem ini dilakukan oleh PT. Askes akan dipresentasikan oleh Bapak Ir. Kemal Imam Santoso, selaku CIO PT. Askes. Bagaimana rumah sakit dapat memanfaatkan sistem bridging PT. Askes, serta apa syarat yang perlu dipenuhi dalam memanfaatkan sistem ini dapat ditemui pada sesi ‚ÄúStandardisasi dan Interoperabilitas Asuransi dan Pembiayaan Kesehatan‚ÄĚ konferensi informatika kesehatan Indonesia tanggal 25 Oktober 2010 mendatang.

Artikel terkait lainnya bisa diklik di link berikut.

Antrean dan Klaim Lancar, Pasien pun Senang

Wadirut PT Askes Raih “Best CIO”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *