Konferensi Forum Informatika Kesehatan 2010 yang akan diadakan pada 25 – 26 Oktober 2010 mendatang. Pada sesi pertama akan diangkat topik “Standarisasi dan Interoperabilitas Asuransi dan Pembiayaan Kesehatan”. Pada sesi ini ada beberapa pembicara yang akan hadir. Salah satunya adalah Bapak Drs.David Darmin sebagai Kepala Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) RS Hasan Sadikin Bandung.

Sebagai Kepala SIRS, Bapak Drs. David Darmin dan timnya telah melakukan berbagai terobosan penggunaan teknologi informasi pendukung pelayanan rumah sakit. Sejak sepuluh tahun yang lalu RS Hasan Sadikin Bandung telah mengembangkan SIRS berbasis teknologi informasi secara in house. Sistem ini menghubungkan berbagai sub sistem informasi di dalam maupun di luar rumah sakit melalui sistem yang terintegrasi, seperti sistem admisi, laboratorium,dokumentasi keperawatan dan dokumentasi klinis. Terobosan lain yang dilakukan dan telah terbukti berhasil adalah pengintegrasian SIRS dengan sistem informasi PT. Askes untuk verifikasi kepesertaan dan proses klaim secara online. Sistem yang diimplementasikan sejak pertengahan tahun 2008 tersebut telah memberikan dampak nyata bagi pelayanan pasien Askes di RS Hasan Sadikin, antara lain waiting time pelayanan pasien Askes yang singkat dan mekanisme klaim yang cepat, akurat dan transparan.

Namun demikian, proses dibalik pengembangan sistem yang sudah berjalan ini membutuhkan usaha yang tidak mudah. Pada Konferensi FIKI 2010 mendatang, Bapak Drs. David Darmin akan memaparkan bagaimana SIRS RS Hasan Sadikin diintegrasikan dengan sistem informasi PT Askes, apa saja hambatan implementasi bridging system ini, serta bagaimana strategi pendekatannya berikut lesson learnt yang dapat diambil sebagai masukan dalam implementasi sistem serupa baik dengan PT. Askes maupun dengan institusi lain sebagai partner rumah sakit yang potensial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *