“Naik naik ke puncak gunung
Tinggi tinggi sekali
Kiri kanan kulihat banyak pohon cemara”

Penggalan lagu tersebut seperti mengilhami kegiatan outbond bagi mahasiswa baru IKM TA. 2008/2009, khususnya bagi para mahasiswa minat SIMKES, KMPK, MAK dan MKO. Minggu, 19 Oktober 2008, seluruh mahasiswa baru beserta pengelola dan staf dari 4 minat tersebut mengikuti kegiatan outbound di kawasan wisata Kaliurang yang terletak di lereng Gunung Merapi. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kerjasama yang baik antar mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Rombongan berangkat dari kampus tercinta IKM kurang lebih pada pukul 07.30 wib dan setelah menempuh perjalanan sekitar 45 menit, akhirnya rombongan tiba di Kaliurang. Alhamdulillah cuaca pada hari itu cukup mendukung, langit terasa teduh dan tidak terasa teriknya sinar matahari. Tanpa banyak basa basi, para instruktur mengajak para peserta outbond untuk memulai kegiatan ini dengan senam peregangan otot dan beberapa permainan ice breaking. Para peserta dibagi menjadi 12 kelompok dimana masing – masing kelompok dinamai dengan nama binatang (kutilang, macan, semut, ulat bulu, angsa, kuda, dll.). Setelah semua peserta siap, maka petualangan mengeliligi “hutan” pun dimulai. Sepanjang petualangan ini, ada empat pos yang harus dilewati. Di tiap – tiap pos ada tugas – tugas yang harus diselesaikan secara bersama – sama antar anggota tim. Kerjasama, kekompakan, dan kecepatan tim dalam menyelesaikan tugas dinilai oleh para instruktur. Semua tugas akhirnya dapat diselesaikan pada pukul 12.30. Raut wajah kelelahan dan kelaparan sudah tampak di wajah para peserta, namun keceriaan dan tawa masih tetap tersirat di wajah mereka.
Acara outbond ini diakhiri dengan acara makan siang bersama di RM. Morolejar. Dan akhirnya yang menjadi pemenang pertama untuk kegiatan outbond kali ini adalah kelompok KUTILANG (yang salah satu anggotanya adalah Pak Anis Fuad, pengelola akademik SIMKES ?). Tak terasa akhirnya waktu telah menunjukkan pukul 14.30 dan tiba saatnya untuk kembali pulang. Sampai bertemu di kegiatan outbond tahun depan. (Estu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *