Sabtu, 12 April 2008, mahasiswa SIMKES angkatan 2007 melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan belajar mahasiswa di lapangan. Kunjungan ini bertujuan untuk observasi implementasi sistem informasi puskesmas yang ada di Wonosobo dengan mengambil contoh pelaksanaan SIMPUS di Puskemas Mojotengah. Rombongan mahasiswa diterima oleh Kepala Dinkes Wonosobo, dan juga para staff IT.

Saat berada di Puskesmas, para mahasiswa mengobservasi implementasi SIMPUS dari proses pendaftaran, entri data, hingga menjadi suatu database yang terkoneksi dengan seluruh puskesmas di Wonosobo sehingga Dinas Kesehatan dapat mengontrol aktifitas dari masing – masing Puskesmas dan dapat terdokumentasi dengan baik. Dengan begitu, Dinkes dapat merencanakan dan mengelola program – program kesehatan untuk Puskemas lebih baik dan tepat sasaran.

Pada tahun 2006, implementasi sistem informasi puskesmas di Wonosobo tergolong program dadakan dan tidak terencana oleh pihak manajemen sebelumnya. Dana yang tersedia adalah Rp 2,5 milyar dan bantuan dari salah satu putra KaDinkes saat itu, maka disiapkanlah jaringan unutk SIMPUS online ke seluruh wilayah kerja. Pada mulanya, semua pihak belum mengetahui apa yang bisa dilakukan dan dimanfaatkan dari data SIMPUS tersebut untuk perencanaan organisasi. Untuk tahap awal yang dapat bekerja adalah “mesin penggilas” saja, dan untuk pengolahan lebih lanjut belum dapat dilaksanakan. Para karyawan pun dilatih untuk dapat mengoperasikan dan memanfaatkan SIMPUS ini. Keinginan yang kuat untuk dapat memajukan program kesehatan di daerah Wonosobo, maka SIMPUS dapat berjalan meski masing banyak kendala dan kekurangan di sana sini.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengembangan SIMPUS ini terus berlanjut dan disempurnakan. Pada tahun 2007, komputer untuk SIMPUS mulai dilengkapi dengan web camera sehingga memungkinkan untuk melakukan teleconference dengan pihak – pihak yang terkait. Sumber daya manusia untuk mengelola SIMPUS pun lebih dipersiapkan dari segi ketrampilan komputer dan juga manajemen informasi. Pada tahun 2008, jaringan internet terpasang di seluruh wilayah. Akan tetapi mengingat kondisi topografi Wonosobo yang bergunung – gunung, ada beberapa daerah seperti Wadaslintang terkadang terganggu koneksi internetnya.

Namun demikian, banyak hal yang dapat kita pelajari dari pengalaman Wonosobo ini. Salah satunya adalah pelaksanaan SIMPUS dapat berjalan jika didukung oleh orang – orang yang memiliki komitmen yang kuat untuk bisa maju serta memiliki kemampuan untuk mewujudkannya.

Resume mahasiswa dari kunjungan dapat diakses pada:
http://simkesugm07.wordpress.com/2008/04/14/kunjungan-lapangan-ke-wonosobo/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *