Pada tanggal 23 April 2013 lalu, bertempat di Hotel Patra Jasa Semarang, telah sukses diselenggarakan Forum Informatika Kesehatan Indonesia Ke-3 oleh Universitas Dian Nuswantoro didukung oleh SIMKES FK UGM, Joint Learning Network (JLN), PIKIN, AeHIN, dan FUJITSU. FIKI kali ini dihadiri oleh tenaga informatika kesehatan, profesional, praktisi, peneliti, vendor dan organisasi-organisasi pengguna teknologi baik dalam negeri maupun internasional. Tema yang diangkat dalam rangkaian FIKI 2013 adalah Health Information System to succeed the enacment of INA-Medicare (Jaminan Kesehatan Nasional). Hal ini dilandasi oleh pentingnya peran teknologi informasi untuk mensukseskan Indonesia Universal Health Coverage/ jaminan kesehatan semesta terutama dalam hal integrasi data kesehatan dari berbagai pelayanan kesehatan. FIKI ke-3 ini bertujuan untuk membahas perkembangan mutakhir dan merumuskan kebijakan untuk persiapan implementasi Universal Health Coverage dari sistem informasi.

Rangkaian FIKI 2013 telah dimulai dengan agenda field trip ke RSUP dr. Karyadi dan Puskesmas Halmahera serta workshop prekonferensi yaitu mengenai Health Data Standard, CaseMix, OpenMRS, dan Data Mining pada 22 April 2013. Selanjutnya diadakan konferensi pada hari kedua dan ketiga dan diakhiri dengan WHO side meeting pada 25 April 2013 bertempat di UDINUS.

Agenda konferensi FIKI 2013 hari pertama dibagi dalam

Sesi 1. Global Moves towads Universal Health Coverage and Needs of Strong Health Information Systems

Sesi 2. Requirements of Reliable HIS

Sesi 3. Meaningful use of HIS to support Universal Health Coverage

Agenda konferensi FIKI 2013 hari kedua

Sesi Keynote Speaker Roadmap Indonesia untuk Mencapai Jaminan Kesehatan Nasional menghadirkan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D (Wakil Menteri Kesehatan RI)

Sesi 4. How is the implementation of Infonesia Universal Health Coverage

Sesi Paralel 2. Strategi Organisasi Profesional dan Institusi Kesehatan untuk mendukung Implementasi UHC

Sesi 5. Kesiapan Institusi Pendidikan & TI dalam mendukung UHC

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *