Menindaklanjuti kolaborasi antara Fakultas Kedokteran UGM dan University of Oslo, Norwegia maka diselenggarakan pelatihan dan kustomisasi aplikasi District Health Information System (DHIS2) oleh Minat SIMKES S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM. DHIS2 merupakan suatu aplikasi Bank Data berbasis web yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, analisis dan presentasi indikator kesehatan suatu daerah. Dalam pelatihan ini, University of Oslo menunjuk tim dari HISP India untuk memfasilitasi proses pelatihan dan kustomisasi DHIS2 kepada petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi/ Kabupaten/ Kota, Puskesmas serta staf SIMKES.

Pelatihan ini melibatkan 5 Dinkes Kabupaten/Kota (Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Yogyakarta) dan Dinkes Provinsi DI Yogyakarta mulai tgl 8 – 22 April 2013 bertempat di Lab SIMPELKES, Ged. Radiopoetro Lt. 1 Fakultas Kedokteran UGM. Aktivitas pelatihan meliputi pemberian pelatihan dan kustomisasi DHIS2 dengan case study pelaporan kesehatan Ibu dan Anak di DI Yogyakarta. Proses kustomisasi yang dilakukan meliputi:

  1. Membuat Hierakhi Unit Organisasi untuk pelaporan data
  2. Menentukan form standard & laporan yang akan digunakan untuk fase kustomisasi tahap 1 (Laporan KIA)
  3. Mempersiapkan elemen data
  4. Mempersiapkan aturan validasi
  5. Mempersiapkan indikator
  6. Menerjemahkan database & Interface
  7. Membuat output dan pemeriksaan kelengkapan data
  8. Integrasi laporan (Upload laporan secara offline)

Selain pelatihan kustomisasi juga dilakukan sharing untuk menilai potensi pemanfaatan dan tantangan dalam mengimplementasikan DHIS2, khususnya di DI Yogyakarta. Berdasarkan hasil diskusi dan praktik disimpulkan bahwa ke depannya aplikasi DHIS2 ini berpotensi untuk digunakan karena dapat memfasilitasi akses ke informasi kesehatan bagi pemangku kepentingan yang berbeda, meningkatkan komunikasi antara institusi kesehatan di tingkat provinsi, kabupaten dan fasilitas kesehatan serta dapat diintegrasikan dengan sistem informasi lain yang sudah ada (Misal. SIMPUS, Software Kartini, SIKDA GENERIK, dll).

Working on Organization Unit hierarchy (reporting/data flow)

Working on standard forms à determining certain report for first phase customization (It was decided using MCH reports)

Setting up data element

Setting up validation rule

Preparing indicators

Translation of database & Interface

Creating output and data completeness check

Integration of reports (Offline report uploading)

Customize GIS modules

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *