Dalam rangka Annual Scientific Meeting (ASM) Fakultas Kedokteran UGM dan RSUP Dr. Sardjito tahun 2014, Pokja Informatika Biomedis menyelenggarakan seminar sehari mengenai Peran Teknologi Informasi dalam Layanan Primer. Seminar ini diselenggarakan untuk membangun kesadaran terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai subsistem penting untuk mendukung mutu, efektivitas pelayanan kesehatan serta keselamatan pasien di tingkat pelayanan primer. Selain itu seminar ini juga mengkaji aspek kebijakan, empiris serta rekomendasi yang berkaitan dengan upaya untuk memperbaiki layanan kesehatan primer dengan dukungan sistem teknologi informasi yang tepat.

Seminar diawali dengan sambutan oleh dr. Lutfan Lazuardi, Ph.D selaku Ketua Pokja Informatika Biomedis dan selanjutnya dibuka oleh Dekanat Fakultas Kedokteran UGM yang diwakili oleh Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat & Kerjasama Fakultas Kedokteran UGM.

Berikut agenda seminar yaitu

Diskusi Panel 1: “Aspek Kebijakan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar”

  1. Peran BPJS dalam Penjaminan Kesehatan Dasar (Bpk Siswandi, SE, MM – Kepala Grup Strategi Perencanaan dan Pengembangan Teknologi Informasi BPJS Kesehatan)
  2. Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Mutu dan Efektivitas Pelayanan Kesehatan Dasar (Anis Fuad, DEA – SIMKES FK UGM)
  3. Pemanfaatan SIKDA Untuk Pelaporan Data Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dwi Setyorini, SKM, MHSM, Kasi Pengkajian dan Penelitian Kesehatan – Dinkes Kab. Bojonegoro)

Sesi 2. Diskusi Panel ”Pengalaman Penggunaan Sistem Informasi di Pelayanan Primer”

  1. Penggunaan p-care pada Praktik Dokter Keluarga (dr. Firdaus Hafidz As Shidieq, MPH, AAK – Pusat KPMAK FK UGM)
  2. Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas Menggunakan aplikasi SIMPUS (Raharjo, ST – SIMPUS Jojok)
  3. Simulasi Integrasi Kompetensi Dokter & Formularium Obat Nasional ke dalam Layanan Primer (Sunandar Hariyanto – SIMKES FK UGM )
  4. Simulasi integrasi INA-CBGs pada SIM RS (Gitandi Nadzari-RS Tarakan Jakarta)

Sesi 3. Diskusi Panel “Penguatan Regulasi Untuk Meningkatkan Mutu & Efektivitas Pelayanan Kesehatan Dasar Menggunakan Teknologi Informasi”

  1. Kebijakan PUSDATIN Untuk Sistem Informasi di Pelayanan Kesehatan Primer (Dr. drh. Didik Budijanto, M.Kes – Kepala Bidang Analisis dan Diseminasi Informasi PUSDATIN Kementerian Kesehatan RI)
  2. Penggunaan Rekam Medis di Pelayanan Primer (Elise Garmelia, AMd.Per.Kes, S.KM., M.Si – Ketua Umum DPP PORMIKI)
  3. Good Practice dari Rumah Sakit di Pelayanan Kesehatan Tersier dalam menggunakan Sistem Informasi untuk memfilter rujukan dari Pelayanan Kesehatan di bawahnya (dr. Agus Mutamakin, M.Sc, Ph.D – RSCM)
  4. Naskah Akademik Rekam Medis Elektronik (Arief Kurniawan NP, SKM – SIMKES FK UGM)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *