Perwakilan Indonesia yang mengikuti workshop IT4UHC Thailand

Dalam persiapannya, UHC juga perlu mempertimbangkan pemanfaatan IT untuk operasional, manaemen informasi dan pendukung keputusan. Dalam rekomendasi JLN (Joint Learning Network) juga disebutkan IT merupakan functinal requrement untuk operasional UHC. Bagaimana tidak, berbagai aktivitas dalam core business UHC sangat memerlukan sistem yang berbasis komputer. Contoh sederhana adalah kepesertaan dan skema asuransi yang dimiliki oleh setiap peserta, klaim rumah sakit terhadap pelayanan yang diberikan, penghitungan premi asuransi secara kapitasi berdasarkan beban pelayanan kesehatan serta proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan UHC. Semua aktivitas tersebut memerlukan alat bantu berupa teknologi informasi dan komunikasi agar lebih efektif dan efisiensi.

Read more

Skema core business divisi IT National Health Security Office Thailand

Dalam salah satu sesi workshop Exchange and Study Program on UHC and information systems to support UHC yang diselenggarakan oleh International Health Policy Program (IHPP) yang bekerjasama dengan National Health Security Office (NHSO – Sebuah badan penyelenggara asuransi kesehatan semesta di Thailand) tanggal 19-23 Agustus 2013, salah satu narasumber Ms. Netnapis Suchonwanich menyebutkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi (ICT) merupakan pendukung penting keberhasilan UHC. Lebih dari 1.200 rumah sakit, 8.000 primary health centers, 77 provinsi dan 13 kantor cabang terhubung dengan database NHSO melalui jaringan internet, yang digunakan untuk mendukung pelayanan UHC, mulai dari pengecekan skema dan kelayakan kepesertaan jaminan kesehatan untuk pasien yang berkunjung, melakukan klaim secara elektronik sampai layanan pengaduan pelanggan (customer service).

Read more