Penelitian Mahasiswa SIMKES Masuk Jurnal Nasional

Written by Administrator on . Posted in Tak Berkategori

Benuriadi, SKM, MPH, mahasiswa SIMKES angkatan tahun 2010 yang telah lulus Oktober 2012 lalu, telah berhasil mempublikasikan penelitiannya dalam Indonesian Journal of Clinical Pathology and Medical Laboratory Volume 19 Edisi November 2012, bersama dua penulis lainnya dr. Osman Sianipar, Sp.PK dan dr. Guardian Y. Sanjaya, MHltInfo. Penelitian Benuriadi, SIanipar dan Sanjaya mengambil topik “Sistem Informasi dalam Pelayanan Laboratorium”. Penelitian Benuriadi ini terkait dengan manajemen informasi pada pelayanan laboratorium dengan studi kasus di Instalasi Laboratorium Klinik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pada penelitiannya, Benuriadi melihat aspek pengelolaan data dan informasi di unit laboratorium dengan pendekatan teknologi informasi. Penelitian ini juga mengungkapkan beberapa kelompok user dan yang berkepentingan serta informasi laboratorium yang dibutuhkan oleh masing-masing user tersebut. Kelompok user tersebut menurut Benuriadi antara lain:
  1. Pengelola/manajemen rumah sakit
  2. Pengelola laboratorium
  3. Staf Medis
  4. Pasien/pengunjung laboratorium
Sistem informasi laboratorium didesain sedemikian rupa untuk mengakomodasi kebutuhan masing-masing user/pengguna. Sistem dikembangkan menggunakan Visual Basic dan Microsoft Access dengan model stand alone, dengan keterbatasan aksesibilitas. Namun demikian, output dari sistem informasi ini sudah dirasakan cukup bermanfaat bagi kelompok user yang ada tersebut. Kedepan, sistem informasi laboratorium di rumah sakit umum daerah perlu dikembangkan lebih komprehensif dan terintegrasi dengan modalitas pemeriksaan yang ada, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi manajemen rumah sakit dan tatakelola unit laboratorium. Selengkapnya artikel Benuriadi dapat dilihat di link berikut Sistem Informasi dalam Pelayanan Laboratorium.

Tags: , ,

Trackback from your site.

Administrator

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Comments (1)

  • fitri

    |

    maaf, ini untuk publikasi nya di web apa ya…?terima kasih

    Reply

Leave a comment


nine + = 12

Berita