Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmasdi Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan

Written by Administrator on . Posted in TESIS

ABSTRAK

Silvester Ladolima, Anis Fuad, Lutfan Lazuardi

Latar Belakang. Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) didalam pelaksanaannya masih terbatas pada data yang merupakan hasil dari interaksi antara masyarakat dengan fasilitas kesehatan. SP2TP/SIMPUS dapat juga membantu dalam perencanaan program-program kesehatan di puskesmas. Namun dalam kenyataannya belum berjalan seperti yang harapkan, bahkan kehadiran sistem pencatatan dan pelaporan di puskesmas dilihat sebagai suatu hal yang cukup membebani petugas puskesmas. Evaluasi dilakukan untuk mengkaji pelaksanaan sistem pencatatan dan pelaporan di Puskesmas, menemukan masalah-masalah yang dihadapi baik dari aspek teknis dan non teknis.

Tujuan. Mengeksplorasi pelaksanaan sistem pencatatan dan pelaporan puskesmas berdasarkan analisis kinerja Sistem Informasi Kesehatan (SIK), baik dari aspek teknis dan non teknis

Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan rancangan studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif, maksudnya adalah untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan secara detail pada proses pelaksanaan sistem pencatatan dan pelaporan puskesmas.

Hasil Penelitian. Proses pelaksanaan SP2TP di Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan, mengalami berbagai hambatan, khususnya yang berkaitan dengan pengetahuan dan perilaku para pengelola dan pengguna data, yang kurang mendukung terhadap keberhasilan SP2TP. Kualitas aspek teknis yakni penguasaan tentang SP2TP, proses datanya, sarananya serta kapasitas SDM belum memadai dan mendapat perhatian sebagaimana mestinya. Aspek sistem dalam konteks organisasional yang berkaitan dengan aspek perilaku khususnya menyangkut dengan peran, tugas dan tanggung jawab yang diwujudkan lewat sikap, motivasi dan tindakan nyata dalam pelaksanaan SP2TP dan pemanfaatan data secara konsisten belum nampak.

Kesimpulan. Sistem pencatatan dan pelaporan puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan sudah berjalan, walaupun secara kualitas belum optimal karena belum didukung oleh aspek teknis dan non teknis yang berkualitas dan memadai.

Kata Kunci. SP2TP/SIMPUS, Penampilan/kinerja SIK, Kualitas sistem dan informasi

Trackback from your site.

Administrator

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Comments (2)

  • andi susanto

    |

    apa itu sp2tp………..

    Reply

    • aprisa

      |

      Terimakasih Pak Andi Susanto,
      SP2TP adalah Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas yang digunakan untuk pencatatan dan pelaporan rutin di Puskesmas. Contohnya adalah LB (Laporan Bulanan).

      Reply

Leave a comment


three × = 18

Berita

  • Usulan Pengembangan Laboratorium Interoprability August 28, 2015 Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan AeHIN Interoprability Meeting 24-26 Agustus 2015 di Manila Philippine adalah pengembangan laboratorium interoprabilitas. SIMKES menjadi salah satu peserta yang diundang untuk mempresentasikan ide pengembangan lab ini bersama Pusdatin Kemenkes (Andri Triadi) dan BPJS Kesehatan (Mustafa). Beberapa perwakilan Negara berkembang lainnya hadir dalam kegiatan ini antara lain Malaysia, Thailand, ...
  • Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal TA. 2015/2016 April 17, 2015
    1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut). Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
    2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
      1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
      2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
      3. ≥ 3,00 dalam ...