Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) di RSUD Salewangang Kabupaten Maros Tahun 2008

Written by Administrator on . Posted in TESIS

ABSTRAK

Sukmawati, Eko Nugroho, Anis Fuad

Latar Belakang. Pengembangan dan penerapan sistem informasi perlu dievaluasi untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi proses yang telah dilakukan. Salah satu tools evaluasi TI yang populer digunakan di berbagai organisasi adalah Control Objective for Information related Technology (COBIT). Tools ini masih jarang digunakan untuk mengevaluasi penerapan SIRS.

Tujuan Penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengembangan dan penerapan SIRS di RSUD Salewangang Maros berdasarkan COBIT khususnya pada domain perencanaan dan pengorganisasian serta domain pengadaan dan penerapan.

Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus yang bersifat eksploratif dengan pendekatan kualitatif untuk menggali secara mendalam pelaksanaan kegiatan dalam pengembangan dan penerapan SIRS di RSUD Salewangang Maros. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, penyebaran kuesioner, observasi lapangan dan telaah dokumen.

Hasil Penelitian. Pengembangan SIRS di RSUD Salewangang tidak diawali dengan perencanaan yang mantap. Rencana strategik belum ada, penentuan arsitektur informasi, arah teknologi dan pemeliharaan infrastruktur SIRS dilakukan oleh pengembang. Struktur organisasi SIRS belum dibentuk. Manajemen SDM, kualitas dan proyek sangat lemah.. Dokumentasi pengembangan tidak diarsipkan oleh rumah sakit. Kegiatan dalam proses manajemen risiko, manajemen perubahan serta instalasi dan menilai solusi dan perubahan belum dilakukan. SIRS belum dioperasikan dalam pelayanan harian rumah sakit..

Kesimpulan. Pengembangan SIRS di RSUD Salewangang belum sesuai dengan standar COBIT. Pengembangan akan lebih baik jika dilakukan pembenahan terutama dalam hal penyusunan rencana strategik, penyiapan SDM, peningkatan koordinasi dan komunikasi, dan pendokumentasian pengembangan. Perlu dilakukan penyesuaian dan modifikasi jika COBIT akan digunakan sebagai standar evaluasi SIRS.

Kata Kunci. Evaluasi SIRS, COBIT, Perencanaan dan pengorganisasian, pengadaan dan penerapan

Trackback from your site.

Administrator

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Comments (1)

  • Chandra

    |

    to sukma : selamat ya, kata p’ anis tulisannya bagus sekali. gimana kbar skarang sehat2 ji ..

    Reply

Leave a comment


+ 4 = thirteen

Berita

  • Usulan Pengembangan Laboratorium Interoprability August 28, 2015 Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan AeHIN Interoprability Meeting 24-26 Agustus 2015 di Manila Philippine adalah pengembangan laboratorium interoprabilitas. SIMKES menjadi salah satu peserta yang diundang untuk mempresentasikan ide pengembangan lab ini bersama Pusdatin Kemenkes (Andri Triadi) dan BPJS Kesehatan (Mustafa). Beberapa perwakilan Negara berkembang lainnya hadir dalam kegiatan ini antara lain Malaysia, Thailand, ...
  • Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal TA. 2015/2016 April 17, 2015
    1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut). Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
    2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
      1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
      2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
      3. ≥ 3,00 dalam ...