Prototipe Sistem Pencatatan dan Pelaporan Program Imunisasi Puskesmas Kota Tanjungpinang Propinsi Kepulauan Riau

Written by Administrator on . Posted in TESIS

ABSTRAK

Amran Halim, Dewi Marhein, Eko Nugroho

Pendahuluan. Program imunisasi yang sudah berjalan di Indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penurunan angka kesakitan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Program imunisasi harus didukung oleh pencatatan dan pelaporan yang baik, agar dapat diperoleh data dan informasi yang akurat untuk membuat perencanaan dalam peningkatan program imunisasi. Tetapi pada kenyataannya data program imunisasi di puskesmas dan kabupaten/kota masih banyak yang tidak lengkap dan kualitasnya kurang baik, hal ini disebabkan oleh masih lemahnya sistem pencatatan dan pelaporan program imunisasi di puskesmas.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan menyusun prototipe Sistem Pencatatan dan Pelaporan Program Imunisasi di Puskesmas Kota Tanjungpinang Propinsi Kepulauan Riau.

Metode. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan rancangan penelitian berupa case study. Case study dilakukan dengan mengeksplorasi proses prototyping sistem informasi program kesehatan di Puskesmas Kota Tanjungpinang untuk memperbaiki sistem pencatatan dan pelaporan informasi kesehatan secara tahap per tahap. Prototyping adalah sebuah proses interaktif dalam pengembangan sistem yang dilakukan secara terus menerus oleh pengguna dan analis sistem yang disesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fragmentasi pencatatan dan pelaporan program imunisasi puskesmas di Kota Tanjungpinang masih terjadi dan menyebabkan tingkat kesalahan yang tinggi, perekapan yang berulang, keterlambatan laporan, tidak berjalannya pemantauan wilayah setempat dalam peningkatan cakupan imunisasi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat melakukan analisis data dengan cepat dan akurat.

Kesimpulan. Prototipe sistem informasi pada program imunisasi nantinya diharapkan mampu menampilkan data dengan cepat dan akurat serta sesuai dengan kebutuhan peningkatan cakupan program imunisasi.

Kata Kunci : perancangan sistem, imunisasi, pengguna, prototyping

Trackback from your site.

Administrator

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Leave a comment


8 + = thirteen

Berita

  • Usulan Pengembangan Laboratorium Interoprability August 28, 2015 Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan AeHIN Interoprability Meeting 24-26 Agustus 2015 di Manila Philippine adalah pengembangan laboratorium interoprabilitas. SIMKES menjadi salah satu peserta yang diundang untuk mempresentasikan ide pengembangan lab ini bersama Pusdatin Kemenkes (Andri Triadi) dan BPJS Kesehatan (Mustafa). Beberapa perwakilan Negara berkembang lainnya hadir dalam kegiatan ini antara lain Malaysia, Thailand, ...
  • Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal TA. 2015/2016 April 17, 2015
    1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut). Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
    2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
      1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
      2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
      3. ≥ 3,00 dalam ...