Analisis Sistem Informasi Verifikasi dan Administrasi Klaim Program Jamkesmas di Kabupaten Merangin Propinsi Jambi

Written by Administrator on . Posted in Uncategorized

ABSTRAK

Haris N, Ali Ghufron Mukti, Hari Kusnanto

Latar Belakang. Dalam rangka membantu pelaksanaan tugas verifikator jamkesmas di RSD Kol. Abunjani Kabupaten Merangin, yaitu untuk memastikan bahwa biata Jamkesmas dimanfaatkan secara tepat jumlah, tepat waktu dan tepat sasaran. Maka diperlukan suatu analisis terhadap sistem informasi verifikasi Jamkesmas yang lama, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan oleh user sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya pada sistem yang baru.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi verifikasi Jamkesmas Kota Merangin. 1) Dapat melakukan identifikasi permasalah sistem lama, 2) melakukan analisa kebutuhan sistem, 3) mendapatkan desain dan rancangan sistem serta melakukan uji coba dan evaluasi terhadap sistem yang baru.

Metode. Jenis penelitian yang digunakanadalah action research. Rancangan penelitian dipilih karena akan menggali secara mendalam mengenai kebutuhan informasi yang akan dianalisis, ditampilkan serta disepakati sebagai rancangan sistem informasi verifikasi Jamkesmas.

Hasil. Pada penelitian ini didapatkan data dasar yang terpadu dan menyeluruh untuk menghasilkan suatu sistem informasi yang lengkap dan menyeluruh. Setelah prototipe ini diaplikasikan, respon positif terhadap operator data   verifikator Jamkesmas, maupun unsur terkait muncul karena semua data klaim dapat terakses dengan mudah dan cepat hanya dengan cara memasukkan kode. Prototipe dinilai banyak memberikan perubahan perubahan data, di mana waktu dan proses pencarian data menjadi lebih singkat, penyimpanan data menjadi lebih teratur, dan penggunaannya lebih mudah.

Kesimpulan dan Saran. Prototipe dengan menggunakan teknologi modern sangat aplikatif, efektif dan efisien dalam penggunaan. Perlu adanya perawatan untuk keberlangsungan sistem yang diterapkan.

Kata Kunci. analisis sistem, jamkesmas, prototipe

Trackback from your site.

Administrator

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Comments (1)

  • Amus.dr

    |

    Untuk saat ini…Sistem analistnya perlu mengetahui persis struktur Pola Tarif yang telah ditetapkan oleh Penaggung/Penjamin dalam hal ini Depkes (Ina-Drg,Juklak-dll), kemudian disesuaikan dengan SOP/SIM yang ada di unit pelayanan(RS), bila perlu membuat mapping semua informasi data/kode antara unit pelayanan dengan penjamin, kedepan / antisipasi perubahan yang terjadi agar tidak selalu dibuat penyesuaian seharusnya Penjamin telah mempunyai Pola jangka panjang dan penerapannya dalam jangka pendek disesuaikan dengan kemampuan anggaran

    Reply

Leave a comment


three × = 12

Berita

  • Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal TA. 2015/2016 April 17, 2015
    1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut). Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
    2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
      1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
      2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
      3. ≥ 3,00 dalam ...
      4. Big Data For Health 2015 – Seminar Big Data Analytics untuk Kesehatan Annual Scientific Meeting 2015 – Pokja Informatika Biomedis January 29, 2015

        Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM ke-69 dan HUT RSUP dr.Sardjito ke-33, panitia Annual Scientific Meeting 2015 (ASM 2015) Kelompok Kerja Informatika Biomedis akan menyelenggarakan SEMINAR DAN TALK SHOW dengan topik PENDEKATAN ANALISA DATA BESAR (BIG DATA) DI BIDANG KESEHATAN: MANFAAT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA POST MDG’s. Seminar ini bertujuan untuk mempromosikan dan ...